Bupati Rezita Meylani Yopi Gerak Cepat Tinjau Longsor

 

Indragiri Hulu, – Bupati Indragiri Hulu, Riau Rezita Meylani Yopi langsung meninjau lokasi terparah tebing sungai yang longsor, yang terlihat jelas kondisinya bahkan sudah memakan badan jalan.

Lokasi terparah ada di Desa Petalongan, Pasir Penyu yang diperkirakan sepanjang 300 meter. Bahu dan badan jalan sudah runtuh ke sungai Indragiri mengakibatkan sering terjadi kemacetan lalu lintas.

Bupati Rezita, saat kelokasi, sekira pukul 15.00 WIB, Senin (22/11) langsung berdiskusi dengan masyarakat dan instansi terkait. Berbagai saran yang disampai diterima langsung oleh Bupati Rezita. Bahkan Bupati menyambut positip semua aspirasi dari berbagai pihak agar abrasi sungai segera di tindaklanjuti dengan cepat dan tepat.

“Kondisi ini akan segera dilaporkan kepada Kementrian Lingkungan Hidup Jakarta, instansi terkait di Provinsi Riau,” katanya.

Karena, jika terjadi keterlambatan perbaikan baik itu pembangunan turap penahan tebing dan penanaman pohon pelindung justru lebih berdampak luas.

Bisa saja ekonomi masyarakat terganggu dan bahkan distribusi sembako warga tidak lancar. Lebih diperparah hasil pertanian masyarakat lambat dijual belikan hingga kesejahteraan penduduk di daerah aliran sungai terganggu.

Untuk mengatasi abrasi sungai Indragiri Hulu, Bupati Inhu bergerak cepat, ini mendapatkan apresiasi tinggi masyarakat. Namun, tentunya membutuhkan keterlibatan semua instansi terkait, peran aktip juga dari masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan dengan baik.

“Saya berjanji untuk secepatnya menyelesaikan persoalan bencana ini,” janji Bupati Rezita.

Pada saat kelokasi, Bupati didampingi Kepala Dinas Kominfo Jawalter, Kadis Kesehatan, Kepala PBD, Satpol PP, Dinas PUPR, Ketua LAM Inhu Marwan. ***