Dampak Pertemuan Dengan Presiden Jokowi Di GOR Riau,Lembaga Adat Provinsi Undang Penguasa Tanah Ulayat Persukuan Batin Gasib

  • Whatsapp
banner 468x60

media-istana.com, Riau.

Bertempat di Kantor Lingkungan Hidup Provinsi Riau,Lembaga Adat Provinsi Riau mengundang tetua adat yang memiliki tanah adat/Ulayat di Kabupaten Siak yang bersengketa dengan PT.MSSP, Senin 24/5/21.

” PT.MSSP telah melanggar ketentuan dari berbagai elemen pemerintahan yang memiliki perundangan di bidang pertanahan, baik dalam penggunaan lahan maupun komitmen penggunaan lahan,dan sampai saat ini pengelola tanah adat/Ulayat sejak turun temurun, belum pernah menerima ganti rugi ataupun perundingan atas penggunaan lahan,” Ujar Baharuddin selaku Koordinator tanah Ulayat Batin Gasib kepada awak media.

Tetua Batin Gasib Haji Rozali Ismail yang didampingi pula oleh Sekretaris Batin,Haji Risman Harun menyampaikan di forum Pertemuan itu bahwasanya PT.MSSP belum ada itikad baik untuk menyelesaikan Sengketa Tanah itu.

Didalam tanah Ulayat persukuan Batin Gasib , juga ada tanah masyarakat seperti tanah kelompok tani tunas jaya ,yg di ketuai oleh Baharuddin .dan tanah bekas perkampungan penduduk yang telah ada sejak dahulu kala, juga tanah makam / kuburan leluhur ,yg berkampung di wilayah per kebunan PT.MSSP ,seluas HGU nya +10,826 hektar ,itu juga di gusur oleh PT.MSSP.

Notulensi dan harapan para tetua adat serta para petani kepada Lembaga Adat,agar PT.MSSP tidak lagi diberi idzin HGU oleh Pemerintah Daerah sebelum menyelesaikan Sengketa.

 

( Redaksi).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *