Kepala Kampung Haloban Salurkan Beasiswa

Kepala kampung Haloban, Irwan Hia, saat sebelum pemberian Beasiswa kepada pelajar, mahasiswa dan wali murid untuk kategori rumah tangga miskin. Foto: Ahmad Azis

ACEH – Pemerintah Kampung Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, melakukan realisasi Bantuan Siswa (Beasiswa) kepada pelajar tingkat SMP, SMA dan mahasiswa untuk kategori rumah tangga miskin atau kurang mampu.

Masyarakat dan tokoh masyarakat menyaksikan langsung pemberian Beasiswa bagi siswa, mahasiswa dan wali murid kurang mampu

Beasiswa dihadiri oleh Kepala Kampung Haloban, Irwan Hia, para tokoh masyarakat di antaranya Ketua Badan Permusyawaratan Kampung Darman, Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Deni Meliala, dan Pendamping Desa Safrian.

Pemberian Beasiswa juga dihadiri langsung oleh para penerima Beasiswa yakni para pelajar, mahasiswa dan wali murid.

“Alhamdulillah kita berkumpul dan hadir pada malam hari ini untuk merealisasikan atau menyerahkan bantuan Beasiswa untuk masyarakat yang kurang mampu,” ujar Irwan di Ruang Pustaka, Kampung Haloban, Selasa (21/1/2020) malam.

Irwan menegaskan, pemberian Beasiswa tidak dikenakan pajak sedikitpun. Pemerintah Kampung Haloban dalam hal ini amanah dalam mengemban tugasnya.

“Memang sasaran kita kepada Mahasiswa miskin dan kita sudah anggarkan dana sebanyak Rp50 juta tanpa dipotong pajak. Bantuan ini diberikan secara tunai kepada 50 orang setelah dilakukan pendataan terlebih dahulu,” jelasnya.

Anggaran Beasiswa sebesar Rp50 juta ini merupakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) Kampung Haloban pada tahun 2019.

Dalam program Beasisiwa ini, tertuang dalam Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019. (Ahmad Azis/Din)